Posted in Telaga

Ada Apa dengan “Masa Sih?”

Suatu pagi dalam kelas bahasa Arab ustadzah kami menyampaikan hadits berikut ini,

Utsman bin Abil ‘Ash radhiallahu ‘anhu datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengadukan gangguan yang dia alami ketika shalat. Kemudian, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ذاك شيطان يقال له خنزب فإذا أحسسته فتعوذ بالله منه واتفل على يسارك ثلاثاً

Itu adalah setan. Namanya Khinzib. Jika kamu merasa diganggu, mintalah perlindungan kepada Allah dari gangguannya dan meludahlah ke kiri tiga kali.”

Kata Utsman, “Aku pun melakukannya, kemudian Allah menghilangkan gangguan itu dariku.” (HR. Muslim, no. 2203)

Continue reading “Ada Apa dengan “Masa Sih?””

Advertisements
Posted in Telaga

Percaya Diri dalam Ibadah

Akhir-akhir ini musuh terbesar adalah diri sendiri. Eh, sejak dulu sih. Diri sendiri yang sering merasa nggak PD bisa menyelesaikan suatu ibadah bahkan sebelum memulai. Pengaruh bisikan setan juga kali ya?

Musim panas memang sedang menuju ke masa tergarangnya. Tapi bahkan dulu, kami berhasil melewati itu dengan selamat. Sekarang, rasa-rasanya memulai saja takut.

Gimana kalau pingsan pas lagi tengah hari?

Aduh, tapi hari ini ada part time dan harus ke sana ke mari

Kalo gitu nanti pasti lemes seharian, nggak bisa produktif

 

Ah, sepertinya ibadah bukan hanya soal ilmu dan keinginan saja. Kami perlu percaya bahwa diri kami mampu dengan kuasa-Nya. Harus meminta agar dimampukan, diberikan hidayah taufik.