Posted in Tuna Wisma

Tanya: Tentang Sifat Bawaan dan Kebiasaan

Pernah nggak sih lo ngerasa pengen banget sehariiii aja ‘cerai’ sama sifat buruk yang katanya bawaan lo? Atau kebiasaan buruk yang demi Allah lo pengen itu pergi jauh-jauh?

Sifat-sifat yang entah turunan dari bapak atau emak, atau hasil didikan lingkungan, atau entah dari mana. Sifat-sifat yang dengan susah payah lo tanggalin, yang berhasil lo kerangkeng selama di perantauan, tapi langsung bebas keluar begitu lo nyampe lagi ke habitat lo, rumah lo. Sifat dan kebiasaan yang gw sendiri suka bilang ‘monster’. Monster-monster yang suka bikin gw kesel karena keluarnya nggak terkendali. Bahkan, bikin gw frustasi sampai betah nggak keluar kamar, demi agar nggak nyakitin hati siapapun. Yang bikin gw sering bertanya-tany: Hei monster, bisa nggak sih kita gak usah balikan lagi, please?

.

.

.

Monster-monster itu bikin gw mau gak mau sadar, bahwa kita ini makhluk yang lemah sekali. Lemah sekali, tapi ngerasa kuat. Ngeselin banget kan? Gimana gak lemah, ngilangin kebiasaan ngomong gak pake tensi aja kesusahan? Padahal itu rupanya abstrak, kayak remeh tapi gak remeh gitu.

Dan lagi-lagi, harusnya makhluk lemah kudu tahu diri. Kalau satu-satunya yang bisa bikin dia ngubah monster-monster itu biar jadi unyu kayak di Monster.Inc cuma Allah, Yang Berkuasa atas Segala Sesuatu.

Semoga gw dan kalian dimudahkan Allah untuk berdoa dan berusaha menjinakkan monster kita sendiri-sendiri. Gw sendiri udah lelah dikalahin sama monster-monster ini.

Advertisements

Author:

Seumur hidup pembelajar. Ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar, mendengarkan cerita, dan bereksplorasi.

2 thoughts on “Tanya: Tentang Sifat Bawaan dan Kebiasaan

  1. Hai~ karena judulnya tanya, apakah boleh dijawab?

    Setahu saya – ilmunya lebih cetek dari genangan air saat gerimis – semua diri kita sebenarnya bisa dikendalikan. Sayangnya, kadang kita pun ga ngerti-ngerti amat tentang diri kita, bagaimana itu sikap bisa muncul (saya ga terlalu percaya dengan sifat bawaan, karena banyak hal yang sebenarnya terbentuk oleh pengalaman), dan bagaimana cara ngendaliinnya.

    Sehingga, saya yakin banget kalau kamu pasti bisa kendalikan ‘monster’ dalam dirimu. Hanya perlu lebih banyak pemahaman dan cinta akan dirimu sendiri dan tentu saja, usaha. Practice makes perfect, right?

    Just my two cents, CMIIW 😊😊😊

    Liked by 1 person

    1. Yess, memang untuk dijawab kak 🙂
      Nah masalah apakah sifat bawaan itu benar ada atau tidaknya saya juga perlu caricari tahu lagi, tapi saya setuju sekali kalau pengalaman mengajarkan kita menumbuhkan macammacam sifat.

      Yang saya sadari setelah baca komen kakak, seringkali saya belum bisa menerima, apalagi cinta. Mungkin itu yaa yang perlu banyak-banyak dilatih sekarang.

      Anyway, terima kasih banyak telah merespon dan menjawb pertanyaan saya ^^

      Hugs and love from Jogja ❤

      Liked by 1 person

Kindly share your thoughts here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s