Posted in Hujan-Panas, Jogja

Kisah Sedih di Hari Selasa

Cerita sedih sore ini (dan sore-sore sebelumnya)

Cerita 1

A: saya

B: anak kelas 1, sudah iqro 5 tapi masih banyak lupa huruf hijaiyah.

A: Nanti di rumah ngaji lagi ya, ada yg ngajarin kan? Nanti minta ajarin mama ya..?

B: Nggak bisa mbak, mama pulangnya jam 7 malam

A: Ooh..mama kerja di mana?

B: Di mana ya.. lupa hehe

A: Kalo ayah?

B: Ayah guru olahraga, kalo Sabtu pulangnya jam 5. Biasanya sekarang udah pulang, tapi terus nanti pergi mancing sampe jam setengah 12. Kan aku udah bobok mbak..

Cerita 2

C: anak kelas 1 SD, suliiit sekali diminta menulis. Selalu punya alasan untuk mainmain. Bahkan beberapa kali berbohong dgn menyuruh teman lainnya menuliskan untuknya lalu diakui itu sebagai tulisannya. Anak ini juga masih sulit menghafalkan surat-surat pendek.

A: Nanti di rumah minta diajarin yaa biar cepat naik jilid baru.

C: Aku tuh di rumah nggak ada yg ngajarin ngaji mbak. Aku di rumah cuma sama kakek nenek. Mereka nggak bisa ngaji, kakakku juga nggak mau ngajarin. Maunya main terus.

Bbrp waktu kemudian saya tau kalau ibunya tinggal di luar pulau, dan si anak ini pernah diejek oleh anak lain kalau dia nggak punya ibu.

Cerita 3

Di salah satu kelas anak besar ada seorang anak yg pendengarannya tdk senormal anakanak lain. Bapaknya seorang pemulung, dan si anak tsb disekolahkan di sekolah biasa. Kemungkinan, krn hal tsb si anak ini jd tidak bisa melafalkan huruf hijaiyah dgn benar, ia pun memiliki progres yg jauh lbh lambat dibanding temantemannya. Meskipun demikian, ia hanpir tak pernah absen datang TPA.

Allahu akbar..

Sudah lumrah yg namanya di sekolah, TPA, tempat les,..ada anak-anak yg ditemui bagus akademiknya, lancar ngajinya, perhatian pada guru, atau mudah dalam memahami. Dan berdampingan dgn mereka, ada anak-anak yg lambat dalam memahami, (masih) sulit diatur, susah sekali menghafal, bahkan tingkahnya aneka macam (padahal si anak ini cuma 1 macam). Maka jadilah tugas pembimbing untuk memiliki hati yg lapang, luas seluas samudera bisa gak ya dan sebisanya memberi udzur pada mereka dan memotivasi dgn berbagai cara.

Mendengar curhat anak-anak yg polos itu saya jadi merasa tertohok. Ngerasa ngga pantas aja untuk nge-judge mereka ketika mereka mulai berulah, lupa terus dgn huruf hijaiyah yg sama, dsb. Ngerasa harusnya bisa jauuuh lebih sabar kayak bu ini bu itu atau mbak ini mbak itu. Walaupun, sering gregetan banget 😦

Jadi ngerasa.. kalo memang niat membantu mereka ya harus mau melihat dari banyak sisi. Nggak cuma melihat secara zhohir kalau si anak ini bandel dsb. Bisa jadi kan dia memang mencari perhatian krn ngga ada yg merhatiin di rumah? Harus tulus ketika marah/bersikap tegas atas nama cinta, bukan karena capek semata. Harus banyak-banyak berlatih ikhlas (niat bantuin demi apa sih) dan minta bantuan Allah, karena kalo cuma mengandalkan kemampuan sendiri gak akan bisa. Dengan begitu, atas izin Allah nantinya hati si anak jd mudah condong ke pembimbing, jadi nurut, dan dimudahkan baginya memahami pelajaran, memahami agama.

Di sisi lain, saya nggak seharusnya juga ngejudge ortu mereka gimanagimana. Karena kita nggak pernah tau apa yg sesungguhnya terjadi di setiap keluarga. Bahkan si anak itu pun mungkin nggak benarbenar paham ada apa di balik kondisi keluarganya.

Pelajaran lainnya: bersyukurlah kalau masa kecil dulu ortu masih perhatian, nanya ngajinya udah sampe mana, pelanpelan dibimbing ngafal surat pendek, atau sekadar menyemangati dan mengingatkan ttg adab belajar krn beliaubeliau sendiri belum bisa ngaji. Seenggaknya, ketika dewasa ini kita udah bisa baca alqur’an dgn tajwid yg baik walaupun tetep kudu belajar lagi. Seenggaknya, kita skrg mau peduli dgn orang lain yg blm bisa bedain huruf hijaiyah. Alhamdulillahi alladzi bi ni’matihi tatimmus shalihat..

Sabar,sabar adalah kunci kemenangan. Semoga Allah karuniakan kesabaran utk saya dan semua yg belajar bersama (pada) anakanak.

Advertisements

Author:

Seumur hidup pembelajar. Ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar, mendengarkan cerita, dan bereksplorasi.

Kindly share your thoughts here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s