Posted in Hujan-Panas, Jogja

Nisa no Ramadhan #1: Ramadhan Pertama di Indonesia

Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush shalihat, kita disampaikan pada bulan Ramadhan tahun ini.

Rasanya begitu takjub ketika tarawih pertama dilaksanakan berjamaah, beramai-ramai, rame sekali! Padahal dulu lebih sering tarawih berdua atau sendiri.

Rasanya begitu bersyukur, karena hampir semua toko penjaja makanan tutup. Alhamdulillah! Padahal, selama empat tahun sering merasa ngenes karena jajanan musim panas yang begitu menggoda di tengah puasa, duh.

Saya masih menikmati Ramadhan di perantauan, seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi kali ini sungguh berbeda. Di Jogja ada banyaak sekali aktivitas berfaedah selama bulan Ramadhan. Mulai dari TPQ yang jadwalnya penuh selama 20 hari Ramadhan, kajian rutin dan tematik, berbagai menu buka puasa yang disediakan (mungkin) di seluruh masjid, shalat tarawih berjamaah, les bahasa Arab intensif, tahsin, seminar, dll yang sampai-sampai sulit sekali rasanya bisa hadir di semuanya walaupun hati ingin sekali datang. Bahagianya, saya tidak lagi perlu berkutat dengan kuliah-lab-baito yang menyibukkan hingga malam menjelang. Bahkan, di tempat magang sekarang kami bisa pulang 1,5 jam lebih awal dari biasanya.

Intinya, begitu banyak kemudahan beribadah di sini, bahkan rasa-rasanya tak terlalu banyak rintangan. Rintangan terbesar justru datang dari nafsu diri sendiri. Jika waktu puasa ‘hanya’ 12 jam saja, tak perlu risau menu buka, ada keluangan waktu yang amat banyak, masa iya malah jadi malas-malasan?

Semoga kenikmatan yang fana ini tidak melenakan. Semoga perjuangan tahun-tahun yang lalu bisa jadi pengingat agar senantiasa bersyukur 😄

 

 

 

Selamat dibersamai Ramadhan!

Semoga kita selalu dalam keikhlasan dalam beribadah kepada-Nya.

 

Advertisements

Author:

Pembelajar, ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar dan mendengarkan cerita seminggu sekali.

Kindly share your thoughts here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s