Posted in Hujan-Panas

Ayo Sama Kakak …

“Ayo, mainnya sama kakak Nisa aja ya”

Ketika berinteraksi dengan anak-anak saya membiasakan menyebut diri saya sendiri sebagai “kakak Nisa” alih-alih “saya” atau “aku”.

Awalnya, saya berinisiatif melakukan hal tersebut agar ajakan saya terdengar lebih enak di telinga anak-anak. Ini juga hasil mengobservasi interaksi ibu-anak di sekitar saya terutama di kalangan ibu-ibu dan kakak pengajian yang kece-kece.

Belakangan saya tahu dari salah seorang kenalan yang ekspert di bidang dakwah anak bahwa menyebut nama kita sebagai kata ganti orang pertama ternyata bagus untuk diterapkan ketika mengajar anak-anak. Dengan begitu, anak-anak akan lebih mengingat kita dimulai dari nama.

Saya pribadi juga merasa saya lebih dekat dengan mereka ketika saya menyebutkan diri saya sebagai kakak Nisa. Nah, saking terbiasanya, sering ibu-ibu pun ketika ngobrol baik secara langsung/via instant messenger juga menyebut saya kakak Nisa. Pernah juga beberapa kali ketika lidah saya terpleset menyebut diri saya “aku”, si adik-adik manis langsung protes, “Kok ‘aku’ sih?! Kakak Nisa!” 😀

 

*pengen lanjutin cerita flashback perjalanan ke Nagoya tapi… (banyak alesan wkwk)

**ditulis gara-gara chat random adik kelas yang minta tips menghadapi anak tertentu. dan jadi kangen mereka :”

Author:

Pembelajar, ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar dan mendengarkan cerita seminggu sekali.

7 thoughts on “Ayo Sama Kakak …

    1. kalo di lingkungan tempat tinggal saya nggak umum mbak titin hehe.
      btw, insyaa Allah saya mau ke Bandung tgl 27-31, siapa tau bisa kopdaran 😉

      Like

Kindly share your thoughts here

