Posted in Hujan-Panas

10 Menit Presentasi

Akhirnya, aku sampai juga di masa-masa seperti kata mbak Mita:

“Bikin presentasinya berminggu-minggu, dibantu begadang, belum termasuk revisi. Tapi presentasinya cuma 10 menit, habis itu sudah. Kayak nggak ada apa-apa.”

FYI, Di sini kami tidak mengenal sidang proposal, sidang hasil, atau sidang-sidang lain (yang aku juga tak mengenal namanya). Untuk mahasiswa S1, kami hanya punya satu presentasi sebagai syarat kelulusan, presentasi riset terbuka depan civitas kampus. Tahun ini, presentasi di departemenku diberi durasi 13 menit per orang, 3 menit lebih panjang dari tahun lalu. Dilanjutkan dengan 5 menit waktu tanya jawab.

Dan tahun ini, seperti yang kusebutkan di awal, aku mengalami yang mbak Mita katakan. Presentasi yang sudah disusun bahkan ditampilkan di seminar progress report sebulan yang lalu kemarin dibantai habis-habisan oleh anggota lab ketika latihan. Iya, baru latihan. Revisi di sana-sini, di setiap slide, setiap gambar, setiap kalimat, sampai  data yang dirasa kurang memuaskan (padahal sudah tidak ada waktu lagi untuk mengambil data). Tapi, tak apa, bukankah ini proses dari belajar? (smile)

Sayangnya, ada yang terkorbankan dan hilang. 13 menit presentasiku tak hanya menelan puluhan hari biasaku, tapi juga Ramadhanku. Atau sebenarnya aku yang tak pandai berpacu dengan waktu?

jpe8xxi
image source: here
Advertisements

Author:

Pembelajar, ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar dan mendengarkan cerita seminggu sekali.

6 thoughts on “10 Menit Presentasi

  1. Insyaallah tidak ada yg sia sia. Menyelesaikan study juga termasuk ibadah kan ya, karena memenuhi janji pas awal masuk kuliah dulu (dan juga janji ke org tua) utk menyelesaikan study tepat waktu, hehe in my opinions

    Like

    1. Hihi kalo aku justru dibantainya pas latihan mbak. Pas presentasi beneran mah kalo gak bisa jawab ya udah wkwk

      Like

Kindly share your thoughts here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s