Posted in Cat Warna, Rupa-rupa

Buka Jilbab Sebelum Tes IELTS

Beberapa waktu yang lalu saya mengambil tes IELTS (the International English Language Testing System). Tapi pelaksanaan tes kali ini sedikit berbeda dengan yang saya alami empat tahun lalu.

Empat tahun lalu sebelum mendaftar ke Nagoya University, saya mengambil tes IELST untuk pertama kalinya di Jakarta. Kebetulan waktu itu saya memang berdomisili di asrama sekolah di daerah Tangerang Selatan. Yang saya ingat waktu itu, tes IELTS itu mahal sekali dan kami diharuskan membawa KTP atau kartu tanda penunjuk lain ketika tes. Saya yang pelupa ini jadi harus benar-benar mengingatkan diri sendiri agar tidak sampai meninggalkan barang penting tersebut. Alhamdulilah, skor IELTS saya memenuhi batas minimum pendaftaran, jadi bayar mahal pun tak sia-sia 🙂

Tahun ini, dengan beberapa pertimbangan saya memutuskan mengambil tes IELTS lagi. Informasi dan pendaftaran IELTS saya dapatkan dari situs IELTS Eiken Foundation yang menjadi penyelenggara IELTS di Jepang. Di Jepang, tes IELTS hanya diadakan di 14 kota besar, dengan Nagoya di antaranya. Setelah melakukan pembayaran (yang ternyata sangat mahal TT) dan registrasi ulang, saya tinggal menunggu hari-H pelaksaaan tes.

Di hari-H, sebelum melaksanakan tes seluruh peserta diminta untuk menyimpan barang bawaan di ruangan terpisah. Barang bawaan tersebut disimpan dalam kantung plastik besar dan ditempeli stiker bernomor urut. Peserta hanya diperkenankan membawa pensil, penghapus tanpa bungkus/wadah, paspor tanpa cover plastik, dan air mineral tanpa label. Sebelum keluar ruangan penyimpanan, peserta juga dicek satu per satu termasuk lengan baju, saku, hingga rambut.

Nah, tak disangka seorang petugas wanita meminta saya untuk ikut ke kamar mandi. Beliau meminta saya membuka jilbab dan menunjukkan rambut saya agar bisa diperiksa. Seusai pemeriksaan, beliau meminta maaf berkali-kali sambil menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari peraturan.

Jujur, saya tidak menyangka sekali sampai diminta membuka jilbab. Karena ketika pelaksanaan tes IELTS di Indonesia 4 tahun yang lalu juga, jilbab saya tidak diperiksa. Apa mungkin karena di Jepang jarang sekali orang berjilbab ya?

Ngomong-ngomong, apakah tes IELTS di Indonesia sekarang juga mulai memberlakukan peraturan yang sama?

Alhamdulillah, bayar sangat mahal kemarin tidak sia-sia. Skor IELTS saya meningkat, yey! Walaupun masih di bawah target sih :”

Berkat kuliah berbahasa Inggris mungkin ya 🙂

 

Btw, selama persiapan kemarin saya mencoba latihan menggunakan buku-buku Collins for IELTS dari link di bawah ini. Dapat link-nya dari senior

di sini 

Buku-buku dan audionya membantu banget untuk latihan, baik bagi yang baru pertama kali mengambil tes, maupun yang sudah pernah. Tips dari saya pribadi, banyak-banyak latihan dari hal yang disukai. Kalau suka nonton film ya belajarnya dari nonton film dengan cara nonton tanpa subtitle dan diulang-ulang.

Khusus untuk latihan dengan buku, ada baiknya berlatih secara teratur meskipun sedikit. Misalnya, 1 jam setiap hari selama sekian minggu, tapi jangan terlalu mepet juga dengan hari-H.

Oh ya, beberapa situs penyelenggara IELTS juga memiliki paket simulasi gratis loh 🙂

Author:

Pembelajar, ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar dan mendengarkan cerita seminggu sekali.

6 thoughts on “Buka Jilbab Sebelum Tes IELTS

    1. Wah kapan itu bu? Katanya rules dari sananya bu. Sepertinya bbrp peraturan IELTS dibuat ketat agar tdk kecolongan jg. Kabarnya TOEFL sempat ada kecurangan, makanya TOEFL sudah tdk bisa lg digunakan untuk apply visa ke UK (tp bisa dipakai untuk apply ke beberapa univ)

      Like

Kindly share your thoughts here

