Posted in Telaga

[Catatan Senja] Baca Baca Buku Buku

Buku-buku yang tidak Anda baca itu, kelak akan diminta pertanggungjawabannya di hari kiamat.

Buat apa beli buku jika tidak dibaca?

Apa yang disampaikan ustad Badrusalam tepat sekali mengena diri ini. Bahasa kekiniannya Jleb. Banget. 

tsundoku-word-definition

Sore itu dalam kajian “5o Nasihat Untuk Muslimah”, ustad menyampaikan beberapa nasihat yang berhubungan dengan buku-buku. Nasihat-nasihat sebelumnya memang berhubungan dengan ghibah, yaitu menyucikan majelis (pertemuan) dari ghibah dan memperbanyak dzikir.

Nasihat ke-23. Bersemangatlah membeli buku-buku yang bermanfaat. Agar di rumah kita memiliki perpustakan pribadi yang bisa diambil manfaatnya.

Tapi ingat, jangan sampai tidak dibaca. Karena buku-buku itu akan dipertanyakan pertanggungjawabannya nanti di akhirat.

Nasihat ke-24. Jauhilah dari sifat menyia-nyiakan waktu dengan membaca buku-buku yang tidak ada manfaatnya seperti buku fiksi, komik,..

Ustad juga menjelaskan bahwa fiksi itu dibagi 2: yang tidak pernah ada di dunia nyata, benar-benar imajinasi; dan yang digunakan untuk memberi contoh (misal kisah orang tata cara wudhunya salah, lalu oleh orang lain ditunjukkan cara wudhu yang benar)

Nasihat ke-25. Milikilah buku-buku yang mencakup semua permasalahan seperti fiqih, aqidah, tafsir, sejarah.. 

Seperti yang kita banyak ketahui, buku-buku seperti tafsir, fiqih, itu ada banyak jilid. Jika tidak bisa memiliki semua jilidnya minimal memiliki salah satu jilid sambil mengumpulkan yang lainnya.

Nasihat ke-26. Menemukan buku yang highly recommended? Jangan lupa sampaikan pada teman-teman!

Oh ya, sebagai ganti majlis penuh ghibah dan hal tidak bermanfaat, kita bisa membuat pertemuan rutin. Ajak teman-teman untuk berkumpul misalnya sepekan sekali di mana di sana kita meminta salah seorang yang hadir untuk membaca bagian dari sebuah buku. Setelah itu diskusikan isi buku tersebut. Pekan selanjutnya, orang yang lain bergantian membaca, dan seterusnya. Nah, yang seperti ini lebih baik bukan, daripada bergosip? 🙂

Nasihat ke-27. Surat apakah yang pertama kali diturunkan Allah kepada nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam? Ya, surat Al-‘Alaq 1-5. Ayat pertamanya?

Iqro’. Bacalah!

Dari sini Allah menunjukkan bahwa membaca adalah perkara yang amat penting.

Dalam kajian tersebut ustad juga memotivasi muslimah untuk lebih rajin membaca daripada bersosial media. Salah satu tipsnya dengan membuat target. Misal, buku X berisi 150 halaman. Dalam waktu berapa lama buku itu harus selesai? Anggaplah dalam 30 hari. Maka, dalam sehari kita harus membaca 5 halaman. Sisihkan saja 15-20 menit.

Misalnya nih, tidak punya buku, mau beli tapi uang belum mencukupi, lalu bagaimana? Pinjamlah pada teman. Jikapun tidak boleh dibawa pulang, mintalah izin membaca di rumahnya. Membaca di rumahnya juga hanya boleh di akhir pekan? Tidak apa-apa, datanglah sepekan sekali. 🙂

 

~~

FYI, selain pembahasan tentang buku, ada banyak nasihat bagus nan memotivasi yang bisa didengarkan para perempuan dari kajian “50 Nasihat Untuk Wanita”.

Link untuk download/mendengarkan ada di sini Nasihat untuk Para Wanita Barangkali berminat?

 

sumber gambar:

https://threeriversdeep.files.wordpress.com/2014/08/tsundoku-word-definition.gif

Advertisements

Author:

Pembelajar, ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar dan mendengarkan cerita seminggu sekali.

Kindly share your thoughts here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s