Posted in Video

Dads #SharetheLoad

Saya jadi teringat bapak saya, tidak jarang beliau masak di rumah untuk sarapan/makan malam sekeluarga. Menu favorit beliau, nasi goreng, dan sampai sekarang tidak ada yang mengalahkan rasa sedap, natural, dan cabe merahnya nasi goreng bapak. Bapak juga lihai dalam pekerjaan rumah tangga lainnya seperti mencuci (beliau paling jago di antara semua anggota keluarga), bersih-bersih rumah, merawat bayi, dll.. Jika ibu sangat sibuk dengan suatu hal, bapaklah yang membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Teringat pula pada adik-adik di rumah (semua laki-laki), sejak kelas dua atau tiga sekolah dasar mereka sudah diwajibkan orang tua kami untuk mencuci sendiri pakaian dalam mereka serta baju-baju yang ringan (kaos main dan kemeja seragam misalnya). Tak hanya itu, setidaknya sebelum lulus sekolah dasar saya yakin mereka sudah tahu caranya menanak nasi menggunakan panci penanak nasi, bukan rice cooker lho ya. Ya itu, menanak nasi yang prosesnya pakai dua panci. Yang pertama harus rajin diaduk dan dicek agar tidak gosong, yang kedua pancinya berat dan kalau nasinya sudah matang keluarlah asap putih seperti di sauna-sauna.

Lalu, dengan suami yang sebenarnya bisa melakukan semua pekerjaannya sendiri apakah kemudian ibu jadi ongkang-ongkang kaki? Tentu tidak. Ibu tetap melakukan sebagian besar pekerjaan rumah tangga, sebagai wujud cinta dan pengabdiannya kepada keluarga.

Saya bangga punya bapak yang nggak jarang membantu istrinya, dan saya harap adik-adik saya kelak bisa menjadi kepala keluarga yang ringan tangannya (bukan buat kdrt loh) 🙂

 

Bahkan Rasulullah saja masih suka turun tangan untuk urusan pekerjaan rumah tangga kan?

Advertisements

Author:

Pembelajar, ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar dan mendengarkan cerita seminggu sekali.

2 thoughts on “Dads #SharetheLoad

Kindly share your thoughts here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s