Temani Ibu

Picture of me 1
Kiri ke kanan: mbah uti, ibu, adek sepupu, saya.

Ketika telepon ibu pagi ini

….

A: Hm.. tapi sebenernya aku pengen kerja di lab-lab gitu bu. Sekarang lagi nyoba ngelamar-ngelamar. Nggak tau sih bakal diterima apa nggak. Maksudnya biar kalo pas udah mau sekolah lagi nggak kagok di labnya.

Ibu: Iya iya, ibu ngerti. Ya gapapa, bagus itu. Cuman ya masa nggak istirahat dulu. Nemenin ibu gitu. Iya, kata adek Arsyad pengen nanti kerja yang agak jauh. Kan pas tuh tahun ini sampean* pulang. Biar gantian (anak) yang di rumah. Ibu kan gak ada temennya. Kadang mikirnya…

A: Anaknya banyak tapi pas gede nggak ada yg bisa nemenin ya bu?

I: Iya, paling ya cuma adek Arsyad sama Quinsha (sepupu).

A: Loh, kan ada bapak, bu?

I: Ah, bapakmu itu. Ya masa ibu sampean tinggal terus, Nduk.. kan ibu mau juga dikancani** sampean.

….

Ternyata, saya ini egois ya. Padahal sudah sejak SMP nggak pernah tinggal lama sama ibu. Nemenin mbah lah, sekolah ke sini, sekolah ke situ. Dari pulang yang sebulan sekali sampe sekarang jadi dua tahun sekali. Padahal sudah jelas yang bisa tinggal dengan ibu dari empat anaknya cuma dua, saya dan Arsyad.

Sekarang malah… Pengennya sebelum pulang ke Indonesia udah dapat kerja. Pengennya nggak lama-lama di rumah setelah lulus S1. Selain bakal ngerepotin orang tua, belum siap juga dengan keadaan keluarga besar maupun lingkungan sekitar.

Ya, ternyata saya egois.

 

*sampean: “kamu” dalam bahasa Jawa, sepengetahuan saya lebih kasar daripada panjenengan dan lebih halus dari kowe.

**dikancani: “ditemani”

Komentar saya...