Posted in Hujan-Panas, Nippon

Manaca yang Hilang

IMG_7458
Penampakan manaca dkk (tiap daerah namanya berbeda). Nah, kebetulan manaca saya terdaftar, dalam artian ada nama dan data pribadi ketika didaftarkan. Jadi ketika hilang kita bisa diklaim.

Beberapa hari yang lalu aku dapat voicemail dari seseorang yang menginformasikan kalau aku telah meninggalkan sesuatu di suatu tempat. Awalnya aku agak bingung, pasalnya ku nggak merasa kehilangan sesuatu apapun. Tapi setelah dihubungi lebih lanjut, ternyata barang yang dimaksud itu kartu Manaca-ku (kartu yang dapat digunakan untuk naik sarana transportasi seperti bis dan kereta). Eh benar, aku nggak sadar kartu Manaca-ku nggak ada di tempat seharusnya. Nah, mbak-mbak penelepon itu memintaku untuk datang ke suatu tempat dekat Sakae station, Nagoya.

1126s
Tempat mencari barang-barang yang hilang di subway. Sumber gambar: maruhachi-kotsu.com

Singkat cerita, tadi sore aku menyempatkan datang ke tempat yang dimaksud. Yang ternyata semacam pusat informasi di mana kita bisa melaporkan kehilangan atau mencari barang yang hilang. Di sana, prosedurnya pun sangat mudah. Aku hanya ditanya tujuan datang ke tempat tersebut, waktu kehilangan barangnya, dan diminta menunjukkan kartu identitas. Sembari si mbak mencari kartuku, aku memperhatikan isi ruangan kantor tersebut dari luar. Nampak ada banyaaaak sekali rak-rak barang, terutama yang berisi payung-payung. Barang-barang tersebut dikelompokkan sepertinya berdasarkan bulan ditemukannya. Kalau dipikir-pikir orang-orang di sini jujur juga ya (selain faktor petugas yang rajin memeriksa bagian bis/kereta sih). Payung saja sampai terkumpul banyak begitu.

3-thumb-180xauto-47624
Banyaknya payung-payung yang ditemukan. Sumber: tokai-tv.com

 

Setelah si mbak menemukan barang yang kumaksud, aku diminta menuliskan alamat dan nomor telepon, serta menandatangani semacam surat yang sepertinya menunjukkan kalau barang yang hilang sudah diambil. Segera setelah semua prosedur itu, si mbak-mbak penjaga pun mengembalikan kartu manaca-ku. Oh ya, satu hal lagi yang membuatku kagum adalah selain mendapatkan kartu manaca-ku kembali, aku juga mendapatkan sepasang tiket subway. Tiket tersebut bisa digunakan untuk kembali dari Sakae station ke station tempat asalku. Wah.

IMG_7460
Tiket subway dari si mbak.

Tentang manaca bisa dibaca di sini: http://www.kotsu.city.nagoya.jp/english/006776.html

Author:

Pembelajar, ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar dan mendengarkan cerita seminggu sekali.

Kindly share your thoughts here

