Posted in Telaga, Video

(Updated) Kajian Sirah yang Menggugah

Aku, kalau lagi keranjiangan sesuatu biasanya jadi nggak bosan-bosan buat mempromosikan ke siapapun, lewat apapun. Seperti yang satu ini, aku lagi suka banget (semoga terus sih) dengan kajian sirah Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam dari Yasir Qadhi.

Awal ketertarikanku dengan kajian beliau dimulai ketika aku main ke rumah kak Sohana untuk (iseng-iseng) mengerjakan proyek libur musim panas yaitu, belajar menjahit (asik banget kan? heheh). Jadilah, selama beberapa waktu itu tiap sebelum pergi ke tempat baito, aku mampir dulu ke tempat kak Sohana selama beberapa jam. Nah, ternyata kak Sohana dan keluarganya punya kebiasaan yang bagus banget. Patut ditiru. Jadi..

Untuk menghalau sepi, selama bekerja (kak Sohana bekerja di rumah sebagai penjahit barang-barang unyu) alih-alih mendengarkan musik, beliau malah mendengarkan berbagai macam kajian.

Salah satu kajian yang sedang intensif diikuti kak Sohana adalah kajian Syaikh Yasir Qadhi tentang sirah Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam. Kajiannya berbahasa Inggris, dan bahasanya enaak banget, dan kuharap yang baca nggak kaget karena edisi lengkapnya berisi 102 bagian (kalau tidak salah, yang pasti lebih dari 100). Masya Allah..

Yang menarik dari kajian beliau adalah: kajian tersebut memang diperuntukkan untuk benar-benar belajar, bukan sekedar tahu, jadi penjelasan yang diberikan benar-benar detail dan mendalam. Setiap kejadian juga selain disebutkan derajatnya (shahih, lemah, atau bahkan palsu), beliau juga menyebutkan hikmah yang bisa dipetik dari kejadian-kejadian tersebut, seperti:

  • Rasulullah juga memiliki rasa takut sebagaimana manusia biasa. Setelah beliau kembali dari isra’ mi’raj, beliau dilanda kebingungan dan ketakutan bagaimana harus menyampaikan pada umatnya.
  • Rasulullah tahu bagaimana menghadapi/menanggapi seseorang sesuai karakter orang tersebut.
  • dan.. ada banyak sih, tapi lebih seru kalau mau dengar sendiri 🙂

Kalau berminat, ini salah satu episode yang kusuka. Berisi tentang perjalanan isra’ mi’raj nabi. Ada juga bagian yang menceritakan bagaimana keindahan surga, sidratul muntaha, dan banyak lagi..

Oh ya bagi yang khawatir dengan kuota internetnya, bisa download mp3nya dari sini:

http://www.muslimcentral.com/playlist/yasir-qadhi-seerah/page/7/

If you need the transcript (someone wrote it to be shared for free, jazahumullahu khayran) here is the link: https://www.scribd.com/…/Yasir-Qadhi-s-Complete-Seerah-Seri…

Insyaa Allah kajiannya nggak ngebosenin kok 🙂 Aku saja yang mudah bosan dengan sesuatu kalau mendengar kajian ini nggak bosan-bosan mengulang berkali-kali.

Lebih seru lagi kalau ada partner yang bisa diajak diskusi tentang kajian ini. Kayak kak So dan suaminya, katanya sih mereka sering ‘balapan’ banyak-banyakan seri dan mereview bareng kajian sirah tersebut di waktu santai sehabis bekerja. So sweet ya 🙂

 

Advertisements

Author:

Pembelajar, ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar dan mendengarkan cerita seminggu sekali.

Kindly share your thoughts here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s