Posted in Hujan-Panas

Sensus Penduduk 2015 Online di Jepang

Saya mau pamer, saya baru saja mengisi kuesioner untuk sensus penduduk online loh (sambil tiup blog yang berdebu). Ya, ini sensus penduduk yang datanya untuk pertama kalinya saya isi sendiri. Dan online. Di Jepang! 🙂

Kisah ini berawal dari puluhan tahun beberapa hari yang lalu ketika datang kiriman surat, semacam flyer di flat kami. Awalnya, kami mengira itu adalah flyer untuk berlangganan internet seperti yang sudah-sudah. Ternyata oh ternyata, isi kiriman tersebut adalah kampanye dan panduan mengisi pertanyaan untuk sensus penduduk 2015 tho.

census_

Berdasarkan booklet tersebut, disebutkan bahwa Sensus Penduduk 2015 mengcangkup semua orang dan rumah tangga termasuk warga asing yang tinggal di Jepang.

Welcome page
Welcome page

Ketika pertama kali masuk ke situs yang digunakan untuk sensus penduduk (bisa lihat di sini), saya disambut dengan tampilan halaman seperti gambar di atas dalam bahasa Jepang. Selanjutnya, saya bisa memilih pilihan bahasa Inggris yang tentunya lebih memudahkan. Setelah mengklik tombol Start, saya diharuskan untuk mengisi user ID dan password. Nah, user ID dan password ini sudah terdapat di masing-masing amplop iklan sensus penduduk (yang tadinya saya kira flyer langganan internet).

Dengan memasukkan user ID dan password, saya memiliki akses untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di situs tersebut, ,seperti tanggal lahir, tempat tinggal 5 tahun yang lalu, kegiatan, jumlah penghuni rumah, status tinggal, dsb.

Contoh tampilan pertanyaan.
Contoh tampilan pertanyaan.
Hampir selesai! Di bagian kanan adalah daftar pertanyaan yang ditanyakan dalam sensus ini.
Hampir selesai! Di bagian kanan adalah daftar pertanyaan yang ditanyakan dalam sensus ini.

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, selanjutnya saya diharuskan mengisi alamat dan melakukan konfirmasi beberapa kali. Setelah itu, selesai!

Oh ya, di halaman paling terakhir sebelum melakukan konfirmasi, saya bisa menyampaikan pendapat saya tentang sensus penduduk online tersebut.

Sebelum menutup laman sensus online, saya sempat melihat tautan khusus yang berkaitan dengan kampanye sensus penduduk 2015. Di situs campaign tersebut, terdapat informasi umum tentang sensus, sejarah, galeri, film tentang drama di balik sensus penduduk 2015 yang drama banget (hanya dalam bahasa Jepang), dan lain sebagainya yang menurut saya menarik sekali!census_promotion

Link kampanye sensus penduduk 2015: http://kokusei2015.stat.go.jp/en/

Ngomong-ngomong, ternyata ikon sensus penduduk Jepang tahun ini ada namanya juga loh, bayi laki-laki bernama Sensasu-kun (Sensasu: census) dan Mirai-chan (Mirai: future) si bayi perempuan.

Author:

Pembelajar, ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar dan mendengarkan cerita seminggu sekali.

Kindly share your thoughts here

