Posted in Hujan-Panas, Nippon

Idul Fitri Ketiga

イードムバラク(Ied mubarak)! Taqabalallahu minna wa minkum.. 🙂

Alhamdulillah sudah Idul Fitri ketiga saja di Nagoya. Tahun ini alhamdulillah saya dapat banyak kejutan. Kejutan bertemu orang-orang yang sudah lama tak berjumpa dan kejutan taifun no.11 (cmiiw) yang efeknya sedang numpang lewat.

Seperti tahun sebelumnya, sholat Idul Fitri kali ini dilaksanakan di Port Messe, Nagoya. Sholat Idul Fitri yang bertepatan dengan hari Jumat, 17 Juli 2015 ternyata bertepatan juga dengan banyak hal. Hari ini, kakak kelas kami dari Biological Science department menjalani sidang skripsi. Hari ini, ada kelas Cell Bio. Hari ini, alhamdulillah hujannya hebooh sekali!

Meskipun malam sebelumnya saya tidak berencana datang ke tempat sholat Ied (niatnya melihat sidang angkatan pertama dan karena ada kelas), akhirnya saya pergi juga. Yappari, tidak mau kelewatan suasana lebaran setelah banyak hari di Ramadhan tahun ini yang tidak bisa saya lalui bersama keluarga Nagoya saya. Di Messe Nagoya, kami disambur hujan deras dan angin kencang segera setelah turun dari kereta. Walhasil, payung saya bengkok, gamis dan kerudung basah, bros hilang, dan entah payung-payung siapa yang saya lihat dibolak-balikkan angin 😀

Tempat diadakannya sholat ternyata sudah amat penuh dan ramai dengan muslim/ah dari seluruh pelosok Nagoya dan sekitarnya, dari berbagai ras dan kebangsaan. Selama sholat berlangsung, saya membantu Ummu Sana dan bu Ulfah menyiapkan hadiah untuk anak-anak. Ada mahkota, pedang, gelang, dan cincin yang bisa memancarkan cahaya kerlap-kerlip. Tak ketinggalan juga balon-balon. Entah siapa di balik hadiah-hadiah ini, tapi semoga Allah membalas kebaikannya. Aamiin.


Dan, begitu khutbah usai datanglah gerombolan gadis-gadis cilik dan bocah-bocah laki-laki untuk mendapatkan hadiah mereka. Mereka tampak sangat gembira! Saya juga bahagia melihatnya, lupa kalau gamis dan kerudung masih basah :p

Di sela-sela membagikan hadiah itulah saya disapa orang-orang tak terduga. Deea Sadida, gadis yang dua tahun lalu mengira saya anak umur 14 tahun tiba-tiba datang. Oh, dia sudah lulus SMA tahun ini dan akan segera memasuki college di Kanada, negara asal ibunya. Dia memeluk saya, menyempatkan diri menyemangati tahun terakhir kuliah saya – yang akan segera datang. Bisa jadi hari ini pertemuan terakhir kami :”)

Tak berapa lama, datanglah gadis kecil itu bersama ibunya. Gadis kecil yang setahun lalu pulang ke Indonesia tanpa saya sempat berdadah-dadah ria. Quinsha, gadis 5 tahun pembenci TK di Jepang. Murid saya yang aktif sekali! Ah rupanya dia masih bilang tak suka sekolah walaupun pindah ke Indonesia juga ^^a

Lagi-lagi, seseorang menepuk bahu saya sekian puluh menit setelah obrolan saya dengan Quinsha dan ayah serta ibunya. Kali ini ibu-ibu pelakunya. “Annisa gimana kabarnya? Hisashiburi! Kuliahnya gimana?” Eh? Ini…ibunya Malika-chan! Dan benar saja, Malika-chan si pipi gembil nan muraj senyum itu ternyata di depan saya. Pipi gembilnya hilang! Malika jadi kurus sekali, walaupun senyumnya tak pernah hilang :”) Ibunya Malika – yang sampai sekarang saya hanya tahu nama fbnya – pun akhirnya mengajak foto bersama sebelum akhirnya berpamitan pulang.

Masya Allah, ternyata orang-orang yang saya temui dua tahun lalu masih ingat saya sebagaimana saya mengingat kenangan berama mereka :”

Anyway, meskipun saya skip kelas di pagi harinya, mau tak mau akhirnya saya kembali juga ke kampus di tengah hujan badai. Masih ada lab visit. Alhamdulillah, senseinya seru dan saya belajar lumayan banyak tentang membrane hari ini 🙂

Author:

Pembelajar, ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar dan mendengarkan cerita seminggu sekali.

Kindly share your thoughts here

