Posted in Hujan-Panas

Foto

Ada yang mengusik pikiran saya baru-baru ini. Sebuah status ambigu dari seseorang tentang keluarga. Bukan, bukan keluarga, tapi potret keluarga bahagia. Saya tidak tahu apa yang terjadi dengan keluarga fulanah, tapi saya sedikit tahu rasanya, ketika…orang-orang banyak mengunggah foto kumpul keluarga mereka. Satu, dua, puluhan foto dengan potret bahagia ketika lebaran.

Fulanah, setahu saya adalah orang dengan hati yang kuat. Mungkin, banyak yang tak mengenalnya. Dia tak populer, dan sepertinya tak ingin populer. Kami pernah safar bersama suatu waktu dan saat itu saya sedikit tahu kepribadiannya. Mungkin, ketika ia menuliskan status penuh maknanya tadi dia memang sedang lelah. Mungkin perasaannya telah mencapai batasnya – walaupun saya tak tahu itu berbatas.

Foto keluarga. Saya pernah ada di masa tak mau menengok berbagai akun media sosial semata-mata karena tak ingin ingat keluarga. Kala itu, hampir semua orang “memamerkan” kebahagiaan mereka. Dan saya, dengan rindu yang memuncak pada keluarga, tak bisa melakukan apa-apa. Tidak berpelukan, tidak bertemu, berkomunikasi pun susah. Maka, saya sedikit tahu rasanya ketika saya tak bisa merasakan bahagia yang sama.

Tapi, masa itu sudah berlalu. Ada sesuatu yang ingin saya ingat terus kini dan nanti: bahwa jika teman-teman sedang berbahagia dengan keluarganya, seyogyanya saya juga kudu lebih bersabar pada keadaan saya sendiri dan turut berbahagia. Bukankah itu tandanya cinta? 🙂

Untuk adikku yang di sana, semoga Allah teguhkan hatimu dan menguatkanmu dalam kesabaran yang tak berbatas.

Peluk jauh dari Nagoya :”)

Advertisements

Author:

Pembelajar, ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar dan mendengarkan cerita seminggu sekali.

Kindly share your thoughts here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s