Posted in Hujan-Panas

Ada Cinta Bapak di Balik Rautan Pensil

  
.

Rautan pensil yang raib entah ke mana – seolah sengaja mengejekku yang tak pernah peduli padanya – membuatku malam inj terpaksa menggunakan cutter untuk meraut pensil warnaku. Entah bagaimana, cutter itu mengantarkanku pada ingatan masa lalu, ketika aku masih duduk di sekolah dasar.

.

Aku tak suka meraut pensil dengan cutter. Kau tau kenapa? Karena sekali kau meraut dengan cutter, bentuknya akan tampak tak beraturan, tak ada indah-indahnya. Lagipula, cutter akan melukaimu.

.

Berbeda jika meraut dengan rautan pensil. Itu loh, yang badanya terbuat dari plastik dan ada pisau kecil di tengahnya. Selain aman, rautan pensil kan banyak modelnya, lucu-lucu, ditambah lagi bekas rautannya cantik berpola.

.

Aku memang tidak suka meraut dengan cutter, tapi tidak bapakku. Bapak suka meraut dengan cutter. Dan bapak sangat ahli!

.

Kalau aku tak menemukan rautan pensilku – dan kau tahu? Sstt..aku sering menghilangkannya – aku akan meminta bapak meraut pensil tumpulku. Sekali pun bapak tak pernah menolak entah itu di tengah kesibukannya menggambar sesuatu atau yang lain. Dan meskipun aku tak suka meraut dengan cutter, sekali pun aku tak pernah kecewa dengan hasil rautan bapak. Bapak merautnya dengan cermat dan amat hati-hati. Walau tak berpola, pensilku jadi tajam, dan menyenangkan hatiku!

.

Aku tidak tahu apa semua bapak di dunia merautkan pensil untuk anaknya. Tapi yang kusadari, di setiap kali aku memintanya meraut, maka saat itulah bapak menunjukkan cintanya. Tak peduli seberapa banyak waktu yang dihabiskannya untuk kami, anak-anak yang bahkan baru ingat tak pernah berterima kasih akan setiap rautan pensilnya.

Advertisements

Author:

Pembelajar, ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar dan mendengarkan cerita seminggu sekali.

Kindly share your thoughts here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s