Posted in Hujan-Panas

Sesak Nafas

Salah satu sepupu dan teman dekatku mengidap asma. Beberapa kali kudengar cerita dari mereka bagaimana menyiksanya ketika serangan asma datang tiba-tiba. Beberapa kali juga kutemui mereka dalam keadaan asma yang sedang kambuh ketika kami sedang asyik chatting. Mereka mengeluh betapa kematian tiba-tiba tanpa asma lebih mereka inginkan daripada tersiksa pelan-pelan ketika asma menyerang. Terkadang aku bertanya-tanya, sebegitu mengerikannyakah? 

Tak disangka, aku mendapatkan jawaban di saat yang tidak terduga.Aku bukan pengidap asma, selama ini juga tidak pernah ada masalah dengan paru-paru atau saluran nafasku kecuali pilek atau batuk di kala pergantian musim. Namun, beberapa waktu lalu, seusai sholat maghrib, kurasakan sesak nafas yang hebat. Tidak ada seorang pun di rumah kontrakan kami, aku juga tidak tahu apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba mengalami hal semacam itu. Maka, saat itu hanya ketakutan yang kurasakan. Aku menangis.

Berjuta pertanyaan muncul di kepalaku, beginikah rasanya sesak nafas itu? Apa yang terjadi jika nafasku tak kunjung kembali? Jika sesuatut yang lebih buruk terjadi padaku, apakah ada yang tahu? Beginikah rasanya ketika seseorang menghadapi mautnya? Apakah rasa kematian lebih menyakitkan? 

Alhamdulillah, sesak yang menghimpitku berangsur-angsur hilang kemudian. Meski hingga kini, aku tidak tahu bagaimana itu terjadi.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِي آخِرَهُ، وَخَيْرَ عَمَلِي خَوَاتِيمَهُ، وَخَيْرَ أَيَّامِي يَوْمَ أَلْقَاكَ فِيهِ.

“Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku adalah umur yang terakhirnya, sebaik-baik amalku adalah amal-amal penutupannya dan sebaik-baik hariku adalah hari saat aku menghadap-Mu.” (HR. Ath-Thabarani dalam Al-Mu’jam Al-Ausath. Al-Hafizh Nuruddin Al-Haitsami dalam Majmauz Zawaid wa Mambaul Fawaid, 10/158 no. 17267 menshahihkan sanadnya)

Advertisements

Author:

Pembelajar, ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar dan mendengarkan cerita seminggu sekali.

Kindly share your thoughts here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s