Posted in Hujan-Panas

Rindu Sabtu

Sabtu. Dulu, setidaknya sampai beberapa bulan yang lalu, Sabtu selalu menjadi hari paling sibuk, paling melelahkan, sekaligus paling menyenangkan. Setiap Sabtu ada anak-anak yang menunggu (atau lebih tepatnya saya tunggu) sesuatu dari saya (atau saya yang terlalu terobsesi memberikan sesuatu?). Terkadang cerita nabi, terkadang gambar-gambar dari workbook Islami, potongan hadits yang kami hafal bersama-sama, atau membuat kreasi, sesuatu, entah apa saja dalam bahasa Indonesia dibantu terjemahan bahasa Jepang oleh salah satu ibu-ibu di sana.

Dulu tiap Sabtu, ransel saya selalu terisi barang-barang printilan milik anak-anak: gunting aneka model, origami warna-warni, washi tape bermacam corak, stiker unyu, pensil warna, bahkan white board mini.

Dulu, ada Razzaq, Ummu Razzaq, atau kak Rahma yang rajin bertanya, “Kita mau ngapain hari ini kak Nisa?” Selanjutnya kami pun sibuk dengan acara membuat sesuatu bersama atau mendengarkan sesuatu dari saya atau Ummu Razzaq. Saya menyebutnya Sabtu Bercerita.

Sayangnya..sejak beberapa bulan yang lalu tidak ada lagi Sabtu seperti itu. Sebagian keluarga sudah kembali ke Indonesia, sebagian sudah jarang datang bersama anak-anak mereka, sebagian lainnya memang tak lagi datang entah sejak kapan.

Setidaknya walaupun tidak ada Sabtu Bercerita, di sore harinya kami masih ada TPA. TPA lintas negara yang sensei (guru)nya muslimah Jepang, Nimet-san dan Marwah-san serta terkadang ada muslimah lain yang membantu. Di sana ada anak-anak Jepang, hafu (half, campuran), Brazil, India, dan negara-negara lain tapi justru tak ada anak Indonesia.

Qur'an Taikai (lomba hafalan Qur'an) untuk anak-anak TPA yang diadakan beberapa bulan yang lalu.
Qur’an Taikai (lomba hafalan Qur’an) untuk anak-anak TPA yang diadakan beberapa bulan yang lalu.

Entah sudah pekan ke berapa sejak bulan lalu atau sebelumnya saya tidak lagi pergi ke masjid setiap Sabtu. Tidak ada pertemuan dengan Marwah-san, Nimet-san, anak-anak di TPA Masjid Honjin, ibu-ibu yang ribut bercerita, atau bu Irin yang entah sampai kapan ngotot mencarikan saya jodoh (lol).

Kunjungan terakhir saya ke sana, saya menemani anak-anak membuat surat dari kreasi Kirigami untuk teman-teman mereka di Suriah. Saya tak ketinggalan ikut-ikutan juga. Pekan sebelumnya lagi, TPA sepi, ibu-ibu Indonesia pun tak ada yang datang. Hanya ada segelintir anak sehingga saya dan kak Icha pulang lebih awal bahkan sebelum maghrib. Sementara pekan-pekan ini, saya yang tidak lagi pergi.

Surat dari kreasi Kirigami. Surat ungu dibuat oleh Ami-chan (6 thn), surat putih dibuat oleh Isa (5 th).
Surat dari kreasi Kirigami. Surat ungu dibuat oleh Ami-chan (6 thn), surat putih dibuat oleh Isa (5 th).

“Kayaknya ngajar TPA bikin hati enak.. Kemarin udah lamaa banget gak ngajar. Tiba-tiba rasanya mau ngeberesin semua kerjaan..” Kata teman saya di suatu sore via LINE.

“Iya kan? Ketemu anak-anak itu bikin enak.”

Tak jarang saya juga merasakan yang sama. Ketika sumpek dengan ujian atau bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja, saya memilih kabur dengan anak-anak. Merayu Ummu Razzaq untuk mengadakan acara ‘belajar’ di mana anak-anak bisa berkumpul. Setidaknya, pikiran saya akan jadi lebih segar setelah main-main dengan mereka 😀

Saya rindu Sabtu. Benar-benar rindu Sabtu-sabtu saya yang dulu :”

Berharap kedua sponsor saya (kami) tidak lagi memberi ketidakpastian di tahun ajaran depan atau Allah memberi ganti yang lebih baik. Berharap tidak ada lagi Baito yang (terpaksa) mengganggu di hari Sabtu. Mungkin dengan begitu Sabtu-sabtu saya akan kembali (?)

Author:

Pembelajar, ingin menjadi ibu plus guru keren di masa depan. Bercita-cita punya perpustakaan sendiri di mana anak-anak bisa belajar dan mendengarkan cerita seminggu sekali.

Kindly share your thoughts here

